Self care atau perawatan diri merupakan segala sesuatu yang dilakukan untuk menjaga diri kita sendiri, melakukan perawatan diri untuk diri kita sendiri sehingga dapat membuat diri kita sehat, rileks, dan menenangkan. Tujuan dari self care itu sendiri adalah untuk meningkatkan kesehatan, mempertahankan perawatan diri, hal ini dapat melatih diri kita agar hidup sehat dan bersih.

Tak jarang orang yang menganggap jika perilaku self care atau perawatan diri adalah suatu hal dari bentuk keegoisan seseorang, ini adalah pemikiran yang salah dimana kita memerlukan perawatan diri dan perhatian kepada diri kita sendiri. Memikirkan keluarga, teman, dan pasangan memang tidak salah akan tetapi kita juga butuh memikirkan diri kita sendiri.

Mengapa self care itu penting?

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), self care atau perawatan diri adalah kemampuan individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, menjaga kesehatan, dan mengatasi penyakit dan kecacatan dengan atau tanpa dukungan dari penyedia layanan kesehatan.

Self care adalah hal yang penting untuk mencegah diri dari kelelahan dan gangguan kesehatan. Kurangnya perawatan diri atau self care dapat menyebabkan kelelahan pada diri dan akan timbul keluhan dalam diri terkait stres. Pentingnya meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal terkait self care demi meningkatkan kesejahteraan diri kita sendiri.

Agar mudah menerapkan self care dalam kehidupan sehari-hari agar mencapai kesejahteraan hidup, simaklah langkah-langkah berikut:

  1. Menjalani Hidup Sehat
    Menjalani hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti memakan sayur, buah dan sebagainya, tidur dengan waktu yang cukup serta teratur, rajin berolahraga, hindari narkoba dan alkohol.
  2. Menjaga Kebersihan Diri
    Kebersihan yang baik sangat penting untuk diri kita. Dengan menjaga kebersihan bisa menjauhkan kita dari penularan penyakit. Selain itu dengan menjaga kebersihan diri dapat meningkatkan cara orang lain memandang diri kita dan cara kita memandang diri sendiri.
  3. Meluangkan Waktu Untuk Diri Sendiri
    Penerapan self care ini ampuh untuk menjaga kesehatan mental karena membantu kita dalam mengatasi stres, dengan meluangkan waktu bagi diri sendiri, kita dapat menghabiskan waktu untuk melakukan segala sesuatu hal yang menyenangkan dan melakukan sesuatu yang kita sukai.
  4. Menjalin Komunikasi dengan Orang Lain
    Bersosialisasi dapat mencegah diri kita dari rasa kesepian, yang dimana rasa kesepian ini menjadi salah satu faktor meningkatnya masalah mental. Menjaga kesehatan mental merupakan bagian dari self care, kita dapat meningkatkan komunikasi yang baik dengan keluarga, pasangan, teman, tetangga dan sebagainya.
  5. Meningkatkan Ibadah
    Self care tidak hanya meliputi bagaimana menjaga komunikasi yang baik dengan diri sendiri maupun orang lain, tetapi juga dengan sang pencipta. Salah satu caranya berkomunikasi dengan sang pencipta adalah dengan meningkatkan ibadah, karena ibadah dapat memberikan ketenangan jiwa dan pikiran.

Melakukan self care atau perawatan diri secara teratur dapat membantu kita menjadi lebih baik lagi. Orang yang menerapkan self care membuat hidup tetap sehat, bahagia, dan tangguh dalam menghadapi masalah. Ini alasan mengapa perawatan diri itu penting dalam kehidupan sehari-hari.