Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Jenis kepribadian ini akan membuat manusia menentukan bagaimana berpikir, bersikap, berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membuat kita harus lebih mengenal dan memahami diri sendiri apakah kita masuk ke dalam introvert, ekstrovert, atau ambivert, supaya ketika kita berinteraksi dan bereaksi lingkungan di sekitar terasa nyaman.

Kepribadian introvert mereka nyaman ketika sedang sendiri. Sedangkan seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert yaitu orang yang mudah bergaul dan senang berkumpul dengan orang lain. Selain kedua kepribadian tersebut ada juga kepribadian ambivert dimana kepribadian ini merupakan gabungan dari kepribadian introvert dan ekstrovert, kepribadian ini bisa mengarah pada introvert atau ekstrovert yang disesuaikan dengan situasi lingkungan.

Agar lebih mengetahui tentang intovert, ekstrovert dan ambivert simak penjelasan berikut ini.

  1. Intovert

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert cenderung suka menyendiri untuk mengumpulkan energinya yang telah terkuras setelah bersosialisasi dengan orang lain, sehingga orang yang memiliki kepribadian ini akan menghabiskan waktu sendirian supaya mendapatkan kembali energi mereka. Introvert sering disalah artikan sebagai pemalu hal ini tidaklah sama.

  1. Ekstrovert

Kerpibadian ini berlawanan dengan introvert, dimana keperibadian ini mendapatkan energi mereka dari keterlibatan di dalam interaksi sosial. Mereka akan mendapatkan rasa kegembiraan ketika sedang mengobrol dengan orang lain, seseorang yang sangat ekstrovert kemungkinan akan merasa bosan ketika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian.

  1. Ambivert

Kepribadian ambivert membuat seseorang tidak terlalu condong ke kedua arah kepribadian. Mereka biasanya berperilaku sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi. Orang yang memiliki kepribadian ini pada umumnya dapat menikmati waktu saat dirinya sedang berada pada situasi sosial seperti orang yang memiliki kepribadian ekstrovert. Namun mereka juga membutuhkan waktu untuk menyendiri, layaknya seorang introvert.

Dari penjelasan di atas apakah sudah mengetahui kita masuk kepribadian yang mana? intovert, ekstrovert atau ambivert? Apapun kepribadian yang kita miliki jadikan hal tersebut kekuatan untuk membawa diri ke dunia luar.