Pola pengasuhan anak merupakan konsep yang luas, mencakup berbagai aspek kehidupan orangtua bersama anak. Pengasuhan yang baik adalah akumulasi tindakan dan interaksi yang orangtua lakukan terhadap anak.

Pengasuhan dilakukan dengan berlandaskan pada tujuan akhir yang orangtua harapkan. Pengasuhan yang baik bertujuan dalam rangka mengembangkan karakter positif anak seperti sopan santun, kemandirian, empati, kejujuran, pengendalian diri, kerjasama, dan berbuat kebaikan. Oleh karena itu, pola asuh yang baik menciptakan landasan bagi perkembangan anak yang sehat dan positif.

Pengasuhan yang baik melibatkan orangtua sebagai panutan atau teladan bagi anak dalam kehidupannya. Dengan orangtua sebagai panutan maka anak akan mendengarkan dan melihat apa yang orangtua mereka lakukan, menerima semuanya. Saat anak menyerap tindakan dan kata-kata orangtua, anak mulai menirunya. Pengasuhan yang baik berarti menyadari bahwa anak memperhatikan, mempelajari, dan meniru orangtuanya.

Pengasuhan yang baik berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan psikologis anak secara keseluruhan. Pengasuhan yang baik berfokus pada kehidupan anak pada saat ini dalam rangka membesarkan anak yang sukses dalam hidup mereka saat mereka dewasa nanti.

Pengasuhan yang baik mendekati anak dengan cinta, kehangatan, dan penerimaan. Pengasuhan yang baik berarti memenuhi kebutuhan fisik, sosial, emosional, dan intelektual anak.

Definisi pengasuhan yang baik mengakui bahwa mengasuh anak adalah seni dan keterampilan. Meskipun mengasuh anak yang baik tidak berarti menjadi orangtua yang sempurna, itu berarti bahwa orangtua melakukan yang terbaik untuk berinteraksi secara positif dan menanggapi kebutuhan anak mereka setiap hari. Hal yang penting bagi orangtua adalah orangtua mengutamakan kepentingan terbaik anak.